Fasilitas UMM

Selasa, 31 Juli 2018


Kemajuan Teknologi

Teknologi di zaman sekarang sudah menjadi bagian kehidupan kita. Perkembangan internet itu sangat mempengaruhi kehidupan sosial serta cara berkomunikasi seseorang, tidak lagi banyak orang yang kudet atau kurang update tentang perkembangan tekniologi masa kini, baik dari uda sampai  tua. Tua tua aja jaman sejkarang punya akun media sosial  entah  itu Whats app, line, instagram dan lain sebagaiya.

Salah satu contoh yang membuktikan bahwa adanya kemajuan teknologi yaitu :


       Alat komunikasi ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat. Telepon termasuk alat komunikasi modern karena bisa menjangkau daerah yang sangat jauh dengan bentuk real time.

Dengan mengandalkan kabel telepon kita sudah bisa mendengar suara keluarga dan orang terdekat kita secara langsung. Dikarnakan pada jaman dahulu hanya mengandalkan Surat jika ingin saling bertukar kabar.

Nah, kemajuan teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif dalam beberapa aspek, berikut ini penjelasannya:


Bidang Ekonomi

Dampak Positif:

Terjadinya industrialisasi
Produktifitas dalam berbagai tingkat ekonomi meningkat

Dampak Negatif:

Dampak negatif dalam bidang ekonomi adalah munculnya berbagai kasus penipuan berbasis teknologi.

Bidang Sosial

Dampak Positif:

Dalam bidang sosial, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sangat mempengaruhi perilaku masyarakat secara luas. Contohnya saat ini teknologi komunikasi cetak seperti koran dan majalah sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke media online.

Dampak Negatif:

Dampak negatif yang paling terasa adalah masyarakat yang tinggal di pedalaman semakin tertinggal dengan kemajuan teknologi ini. Kemudian dalam ranah sosial budaya juga terjadi penyimpangan yang sangat mengkhawatirkan, yakni dengan maraknya situs pornografi dan oknum-oknum yang menyediakan akses nya.

Sebagai negara yang masih berkembang, Indonesia dianggap belum terlalu maju dalam penguasaan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut mantan Menteri dan Kepala Badan Perencanaan .

Sedikit Tips dari saya :

Gunakanlah gadget sebaik mungkin karena pada zaman milenial ini banyak sekali kejahatan di dalam dunia maya yang mungkin bisa membawa kita ke jalan yang buruk atau bahkan kita bisa jadi korban dari kejahatan dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEUNGGULAN FAKULTAS HI Program Studi (prodi) Hubungan Internasiona atau biasa disebut denggan HI Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, m...